Header Ads

SafelinkU | Shorten your link and earn money

Mengenal Mata Uang Elekronik dengan Sistem Desentralisasi bitcoin


Logo bitcoin

Sebelum kita mengetahui cara mencari uang dari internet dengan menggunakan bitcoin, ada baiknya kita mengenal dulu apa sebenarnya yang disebut bitcoin.


Apa Itu Bitcoin?

Bitcoin adalah mata uang elektronik atau digital yang menggunakan jaringan peer to peer untuk menyimpan semua transaksi. Ini berarti sistem transaksi bitcoin tidak menggunakan server atau jaringan penyimpanan terpusat seperti halnya sistem perbankan maupun paypal. Hal inilah yang menyebabkan menganpa sistem bitcoin disebut sistem desentralisasi. Semua orang di dunia internet bisa melihat semua transaksi yang dilakukan di jaringan internet bisa melihat semua transaksi yang dilakukan di jaringan bitcoin, ibaratnya buku rekening tabungan kita bisa dilihat semua orang sehingga setiap orang bisa melihat darimana sumber dana pemasukan kita dan kemana saja uang kita dipergunakan.

Bitcoin diciptakan oleh Satoshi Nakatomo pada tahu 2009. Sampai saat ini tidak ada yang tahu siapa itu Satoshi Nakatomo, darimana asalnya dan dimana dia sekarang Satoshi sendiri meninggalkan proyek bitcoin pada tahun 2010. Akan tetapi ternyata perkembangan bitcoin meningkat secara pesat setelah itu dikarenakan banyaknya pengembang yang ikut mengembangkan teknologi bitcoin ini.

Banyak persepsi yang salah di dunia bitcoin, seperti banyak orang mengira bahwa Satoshi Nakamoto lah yang mengendalikan jaringan bitcoin. padahal yang sebenarnya tidak ada seorangpun yang mengendalikan jaringan bitcoin secara personal, setiap orang yang terhubung dengan jaringan bitcoin mengendalikan bitcoin. Inilah yang disebut sistem peer to peer tadi, setiap orang mempunyai copy data bitcoin dan menghubungkan secara online pada jaringan blockchain dan mengupdatenya setiap ada transaksi baru yang dilakukan. Bisa dibilang sistem seperti ini aman dari tangan usil yang mau merubah data jaringan yang ada, miasl ada 1 orang yang merubah data, orang-orang yang lain yang terhubung pada jaringan akan mengeceknya dan apabila datanya berbeda, maka data yang diubah tangan usil tadi akan dianggap salah dan tidak akan diverifikasi di jaringan bitcoin.

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin ?

Cara kerja bitcoin secara sederhana adalah setiap pengguna menyimpan bitcoin di dompet (wallet) pribadi mereka masing-masing. Pengguna mengirimkan bitcoin kepada orang lain untuk melakukan transaksi, dan bisajuga menerima bitcoin dengan wallet mereka. Wallet bitcoin ini bisa didapat secara gratis untuk pengguna komputer maupun pengguna ponsel. Terdapat banyak aplikasi wallet bitcoin yang dapat kita gunakan dengan masing-masing fitur dan keunggulan.


wallet bitcoin

walet bitcoin pada ponsel

Setiap wallet mempunyai beberapa alamat bitcoin (address) yang bisa digunakan untuk menerima pembayaran bitcoin dari orang lain, alamat bitcoin ini diibaratkan sebagai nomor rekening pada sistem perbankan, maupun alamat email pada sistem pembayaran paypal. Alamat bitcoin ini untuk setiap pengguna artinya tidak ada 2 alamat bitcoin yang sama untuk masing-masing pengguna. Setiap alamat bitcoin memiliki private key alias kunci pribadi yang harus disimpan baik-baik oleh penggunanya. Apabila bocor ke publik, maka setiap orang yang memiliki private key ini akan bisa mengakses dana yang ada di alamat bitcoin tersebut.


Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin ?

Hal yang paling penting bagi kita adalah bagaimana cara mendapatkan bitcoin. Banayak cara yang bisa digunakan untuk mendapatkan bitcoin untuk mengisi wallet pribadi anda. Ada dengan cara gratisan, dengan memerlukan usaha lebih maupun cara berbayar untuk mendapatkan bitcoin.

 >  Dengan membeli bitcoin menggunakan rupiah melalui exchanger bitcoin yang ada,misalnya VIP Bitcoin. ( Mudah, Harga kompetitif)

>  Dengan membeli bitcoin pada orang yang menjualnya di sekitar kita, gunakan LocaLBitcoins

>  Dengan menjual jasa, service, barang kepada orang lain dan mendapatkan bitcoin sebagai bayarannya.

>  Dengan mencari bitcoin secara gratis dari giveway,faucet,PTC, dan sebagainya


Sekian penjelasan singkat mengenai Apa itu bitcoin.








No comments:

Powered by Blogger.